Diberdayakan oleh Blogger.

MANCING PATIN

>> Kamis, 01 Desember 2011


Patin adalah jenis ikan yang bermain di dasar. Jadi cara mancing patin bisa dengan menggunakan pelampung atau dengan mancing dasar. Kalau kita mau mancing dengan menggunakan pelampung ada beberapa hal yang harus di perhatikan ;
1.    settingan pancing harus di buat agar mata kail ada di bawah pemberat.
2.    settingan pelampung harus di sesuaikan dengan kedalaman air agar umpan tetap sampai ke dasar
3.    jangan menggunakan senar yang terlalu besar
4.    setelah melempar umpan buat agar senar sedikit kendur atau tidak terlalu kencang
patin biasnya akan menyambar umpan dan langsung menariknya dengan cepat. Kalau senar terlalu kencang bisa mnyebabkan joran terpental dan terbawa oleh ikan. Saran saya jangan melamun kalau sedang mancing ikan patin kalau tidak mau kehilangan joran pancingAd. Harus benar-benar di perhatikan setiap pergerakan yang terjadi dengan pelampung.ada satu lagi cara mancing patin dengan pelampung yaitu membuat umpan ada di permukaan. Karena biasanya pada saat pagi hari patin banyak juga bermain di permukaan air. Ini adalah cara Targetnya adalah ikan yang bermain di atas. yang di pakai oleh orang-orang yang mancing patin di danau ;
1.    gunakan pelampung yang besar. Atau kira-kira sebesar ibu jari kaki
2.    pasang pelampung di ujung senar
3.    pasang mata kail di atas pelampung
4.    lalu pasang pemberat yang tidak terlalu besar di bagian paling atas.
5.    sebaiknya gunakan pemberat jenis anting tapi yang kecil. Tujuanya agar pemberat tidak membebani pelampung.
Teknik ini biasanya di gunakan untuk kawanan ikan yang sedang ada di permukaan atau ikan kawanan. Karena patin akan menyambar umpan yang ada di permukaan.
Yang kedua adalah mancing dasar atau glosor. Teknik ini tidak seperti menggunakan pelampung karena kita bisa menyetting mata kail ada di atas atau di bawah pemberat.
Yang harus di perhatikan adalah ukuran senar dan juga setingan drag jangan terlalu kencang. Ukuran senar sebaiknya jangan terlalu besar karena pada saat mendapat strike biasanya patin tidak terlalu agresif. Saat mulai dekat barulah patin mulai memberikan perlawanan dan inilah kenapa saya bilang jangan memasang settingan drag terlalu kencang karena bisa menyebabkan senar putus saat patin mulai memberikan perlawanan. Biarkan ikan bermain dan menarik pancing sampai dia lemas. Selamat mencoba…….

0 komentar:

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP