Diberdayakan oleh Blogger.

MANCING KAKAP HITAM DI TAMBAK

>> Kamis, 29 Desember 2011


Ada beberapa jenis kakap yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah kakap hitam. Kakap hitam adalah salah satu predator air asin. Bisa hidup di laut dan banyak juga kita temui di tambak-tambak bandeng atau udang.
Di daerah pesisir karawang banyak pemancing yang dengan sengaja datang untuk berburu kakap. Karena ikan yang satu ini memang mempunyai sensasi sambaran yang luar biasa. Berburu kakap biasa di lakukan pada malam hari karena ikan ini lebih aktif bergerak pada malam hari. Ikan ini adalah musuh utama para pemilik tambak karena ikan ini bisa memakan benih-benih ikan atau udang yang baru di tanam.
Sebelum tercemar limbah, sungai citarum merupakan tempat yang paling nyaman dan mengasyikan untuk berburu kakap. Tapi sekarang setelah industri mulai berkembang di karawang sudah tidak ada lagi cerita mancing di sungai citarum bisa dapat ikan kakap.
Sekarang kalau kita ingin mencari kakap hitam hanya bisa kita temui di laut atau tambak yang mempunyai struktur dasarnya Lumpur dan pasir seperti di pesisir utara karawang.
Di tambak biasanya pemancing menggunakan udang hidup atau ikan blanak sebagai umpan. Karena pada malam hari udang-udang itu akan terlihat menyala pada bagian matanya. Sebaiknya gunakan pelampung pada saat kita mancing malam hari dengan tujuan agar udang tersebut bisa bebas bergerak. Jangan lupa membawa starlight tentunya kalau kita tidak mau kehilangan jejak.
Daerah pesisir karawang dan bekasi merupakan tempat yang subur untuk ikan kakap. Karena di sepanjang pesisir ini di dasari dengan Lumpur dan pasir. Banyak para pemancing mania yang datang ke daerah ini untuk berburu ikan-ikan muara seperti kakap dan sembilang. Di pelelangan ikan sering saya temui kakap-kakap hitam dengan ukuran sedang sampai yang besar pada saat saya membeli udang untuk umpan mancing. Ikan itu berasal dari tambak-tambak di daerah sekitarnya yang terkena perangkap pemilik tambak atau juga dari hasil pemancing yang memang sengaja memancing kakap dengan tujuan untuk di jual. Tidak ada salahnya di coba mancing kakap hitam di tambak. Bisa di jadikan hiburan bagi yang bosan mancing di laut atau di pemancingan.(Gbr di ambil dr. google)


0 komentar:

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP