Diberdayakan oleh Blogger.

MANCING LELE DI SUNGAI

>> Kamis, 01 Desember 2011

Waktu itu saya lagi iseng-iseng mancing di sungai di dekat rumah. Sekitar jam 2 siang saya berangkat mancing sambil mendengarkan musik dan duduk santai di bawah jembatan. Waktu itu masih dalam kondisi musim hujan pasca banjir. Maklumlah tempat tinggal saya sudah dekat pesisir dan di pinggir sungai jadi kalau musim hujan pasti banjir. Air sungai juga masih kotor berwarna coklat tapi karena hari itu tidak ada acara mancing keluar akhirnya saya mancing ke sungai. Setelah beberapa kali melempar tidak ada strike…..saya mulai bosan dan berfikir mungkin ikanya sudah habis terbawa arus waktu banjir kemarin. Tapi di antara tiang-tiang penyangga jembatan banyak sekali gundukan sampah yang tidak hanyut terbawa arus karena terhalang oleh tiang penyangga jembatan. Ada yang menarik perhatian saya di antara sampah-sampah itu. Ada celah-celah kecil di antara sampah yang membentuk lubang di antara sampah dan tiang penyangga. Setelah saya perhatikan ternyata di salah satu sisi tiang ada tenggakan ikan. Awalnya saya pikir itu ikan sapu-sapu. Saya tidak perduli yang penting ikan dalam hati saya berkata setengah putus asa. Setelah memasang umpan lalu saya masukan umpan ke celah-celah yang ada di antar sampah tadi dan setelah menunggu beberapa lama kemudian saya melihat ujung pancing saya mulai bergerak. Kebetulan saya mancing dengan menggunakan tegeg berukuran panjang 4.5 meter dan senar kira-kira 1 meter. Begitu saya melihat langsuung saya pegang joran saya dan menunggu umpan saya di bawa lebih dalam lagi ( sambil harap-harap cemas semoga yang makan bukan ikan sapu-sapu ) begitu momennya tepat langsung saya gentakan joran saya dan ternyata joran saya tidak mampu mengangkat beban ikan yang seberat itu. Lele dengan berat kira-kira 1.5 kg. berhasil saya dapatkan dan benar-benar ini sangat membuat saya kaget karena saya sendiri tidak pernah menyangka akan dapat ikan seperti ini. Akhirnya sampai kira-kira jam 4 saya dapat 3 ekor dengan ukuran yang sama. Dengan tersenyum puas saya pulang dengan membawa ikan yang tidak menjadi target saya waktu berangkat. Ternyata pasca banjir tidak semua ikan-ikan terbawa arus. Masih ada ikan-ikan yang tersisa dengan sampah-sampah yang tertinggal di bawah jembatan.