Diberdayakan oleh Blogger.

MANCING IKAN MAS

>> Rabu, 16 November 2011


Pertama kali saya mancing ikan mas sempat bingung juga….umpannya apa ? sampai beberapa kali saya datang ke pemancingan tidak pernah berhasil. Lalu saya coba tanya-tanya dengan orang yang duduk dekat saya dan awalnya memang susah juga karena orang-orang yang ada di pemancingan biasanya tidak mau berbagi ilmu. Rahasia katanya……..sampai akhirnya setelah sering bertemu dan mancing sama-sama ada juga orang yang mau berbagi dengan saya karena melihat saya jarang sekali dapat ikan. Salah satu ramuan umpan yang selalu saya pakai adalah jagung keju. Sederhana memang……tapi lebih baik dari umpan yang saya pakai karena dengan memakai umpan ini setidaknya saya tidak pernah gagal
Bahan-bahan yang biasa saya pakai untuk membuat umpan ini adalah :
1.       Jagung keju stella 1 bungkus
2.       Keju kraf 2 batang
3.       Paikin ubi warna biru 1 bungkus
4.       Telur bebek mentah 3 butir
5.       Susu dancow bubuk 1 sachet
6.       Kroto 1 ons
7.       Tuna in oil
8.       Target / perangsang
Memang umpan ini tidak terlalu istimewa seperti umpan-umpan yang biasa di pakai oleh para pemancing profesional. Cara membuatnya adalah ramuan 2, 3, 4, 5 dan 7 di haluskan jadi satu sampai lembut kemudian di tempat terpisah aduklah pelet jagung keju stella dengan air panas lalu campurkan kedua bahan tadi jadi satu. Kalau terlalu banyak porsinya bisa di bagi dua. Sementara kroto bisa di aduk langsung sebelum di kukus atau di aduk setelah bahan-bahan tadi di kukus. Kukuslah kira-kira 30 menit dan setelah jadi boleh di tambahkan target untuk pengeras sesuai kebutuhan agar tidak merusak umpan.
Baik atau tidaknya umpan yang kita pakai saat mancing ikan mas sangatlah berpengaruh selain hoki dan juga lapak yang kita tempati saat mancing. Bahkan ada orang yang datang pagi-pagi sekali untuk mendapat lapak yang bagus sebelum pemancingan buka.jadi kalau kita sering mancing ke suatu tempat jangan lupa untuk mempelajari lokasi mana yang menjadi favorit di tempat tersebut. Dan yang pasti umpan juga harus di perhatikan. Karena walaupun kita dapat lapak yang bagus tapi kalau umpan yang kita pakai tidak mendukung bisa jadi kita hanya gigit jari. Selamat mencoba……

Read more...

MANCING BETOK / PAPUYU


Ikan betok atau papuyu hidup di air tawar dan payau. Ikan ini banyak kita jumpai di rawa-rawa dan sungai. Cara memancing ikan jenis ini sangatlah sederhana karena tidak menggunakan reel dan hanya membutuhkan senar dengan panjang sekitar 1 sampai 1.5 meter saja. Joran yang di pakai biasanya berukuran panjang antara 2 sampai 4 meter. Saat yang paling tepat untuk mancing ikan betok adalah pada awal musim hujan karena pada masa ini ikan biasanya baru mulai bertelur. Kalau sudah masuk pertengahan musim hujan biasanya ikan sudah mulai menetaskan telur-telurnya. Anak-anaknya inilah yang nanti akan mengganggu pada saat kita mancing karena biasanya induknya akan kalah cepat dengan anak-anaknya pada saat mencari makan.
Spot yang paling bagus untuk mancing ikan jenis ini adalah rawa-rawa dan di daerah pertemuan antar air asin dan tawar atau air payau. Apalagi kalau di sekitarnya ada tambak-tambak ikan yang masih banyak di tumbuhi ganggang liar dan teratai. Hhhmmmm……ini adalah tempat favorit saya kalau sudah berburu ikan betok. Ikan betok adalah jenis ikan pemakan segala jadi tidak usah bingung masalah umpan kalau kita mau mancing ikan ini. Tapi yang paling bagus untuk mancing ikan ini biasanya menggunakan cilung atau ulat sagu yang banyak di jual di toko-toko pancing di seluruh Indonesia. Bisa juga dengan menggunakan cacing tanah dan juga serangga. Mancing betok tidak seperti mancing ikan lainya karena kita tidak harus menunggu lama untuk mendapat strike. Biasanya ikan ini hidupnya bergerombol. Makanya orang-orang yang mancing ikan ini biasnya selalu berpindah-pindah tempat tujuanya adalah untuk mencari kawanan ikan yang baru setelah dari lokasi yang sebelumnya di rasa sudah mulai sepi. Dalam setiap lokasi biasanya kita bias mendapatkan antara satu sampai lima ekor ikan dan setelah itu akan mulai sepi. Waktu yang paling tepat untuk mancing ikan ini adalah pagi dan sore hari. Cobalah rasakan sensasi mancing ikan betok ……kalau teman saya bilang tarikan ikan betok bisa buat orang jadi jantungan.

Read more...

MANCING UDANG GALAH

>> Senin, 14 November 2011


Saya mau berbagi pengalaman mancing udang galah di daerah muara gembong. Sekarang ini di daerah muara gembong  banyak sekali lokasi mancing yang bisa kita coba salah satunya adalah muara bendera yang memppunyai kedalaman sekitar 2 sampai 3 meter. Udang galah sekarang menjadi favorit para pemancing yang datang ke muara gembong……tapi sayangnya di daerah ini sering terkena limbah industri yang datang dari daerah karawang. Jika sudah terkena  limbah kita harus menunggu lagi sampai kira-kira satu bulan samapi kondisi air benar-benar bersih dan banyak lagi udang galah yang naik ke muara dari laut.
Seperti terakhir kali saya datang ke muara bendera untuk mancing udang galah sama teman dan ternyata airnya baru saja kena limbah sekitar 3 hari yang lalu. Padahal sejak pertama samapi ke lokasi kondisi airnya cukup bagus. Saya langsung semangat begitu melihat kondisi air yang seperti itu. Tapi setelah beberapa kali  mencoba melempar umpan belum juga ada yang menyambar. Setelah menunggu beberapa jam karena kondisi hujan sehingga kami tidak bisa kemana-mana akhirnya kamipun memutuskan untuk pindah lokasi  dan mencari makan siang. Pada saat makan siang saya sempat ngobrol dengan pemilik warung makan dan ternyata memang sekarang ini udang galah sedang tidak ada karena baru beberapa hari ada kiriman limbah .
Untuk mancing udang sebaiknya kita menggunakan joran yang sangat lentur karena pada saat makan biasanya udang akan menarik dan membuat joran melengkung. Cara  menyambar umpan antara udang galah dan ikan sangatlah berbeda jadi kita pun harus membedakan antara peralatan yang kita gunakan untuk mancing ikan dengan peralatan untuk mancing udang galah. Terkadang udang jugas bisa membuat joran bergerak seperti mesin jahit. Jangan mengangkat joran terlau kencang karena udang bisa lepas.mulut udang sangatlah lembut dan sensitif sekali jadi perlakukanlah udang dengan lembut dan hati-hati.  Umpan yang saya pakai pada saat mancing udang galah adalah cacing susu atau cacing merah dengan cara memasukan cacing  dari mata kail sampai ke senar. Caranya dengan menggunakan senar yang agak kaku atau bisa juga dengan menggunakan kawat kecil yang di lilit menjadi dua untuk menusuk cacing dari kepala sampai ke ekor lalu pindahkan dengan mengaitkan mata kail ke ujung senar atau kawat yang tadi kita gunakan untuk menusuk cacing.
Pemberat yang di pakai sebaiknya yang bulat dengan lubang di tengah atau segitiga juga dengan lubang di tengah. Tujuanya adalah agar pada saat mendapat strike senar bisa bergerak bebas dan senarnya pun harus yang berukuran kecil karna tenaga udang tidak sebesar ikan. Jangan menggunakan pemberat yang berbentuk anting karena akan membebani udang saat menarik umpan.  Untuk memancing udang galah berkumpul atau ngebom biasnya menggunakan kelapa goreng. Udang  suka berada di air yang arusnya tidak terlalu deras dan dekat dengan kayu-kayu yang berada di dasar air. Jadi buat anda yang ingin mencoba mudah-mudahan pengalaman saya memancing udang galah bisa sedikit membantu anda. Dan bagi anda yang mempunyai pengalaman tentang mancing udang galah harap di maklum karena saya pemancing pemula dan masih perlu banyak belajar. Bila ada yang kurang lengkap tolong  di tambahin agar kita bisa saling berbagi.

Read more...

MANCING BELUT

>> Kamis, 10 November 2011


                                                               MANCING BELUT

Sering kita mendengar banyak orang yang merasa geli atau jiji dengan belut. Belut adalah jenis ikan yang mirip ular….belut dapat kita temui di daerah persawahan dan sungai.  Waktu kecil dulu saya suka sekali mancing belut sama teman saya. Karena  sensasi tarikanya yang bikin ketagihan…
Kebetulan daerah saya adalah persawahan yang masih banyak sekali di huni oleh belut-belut liar. Alat yang saya gunakan pun cukup sederhana :
1.       Mata kail ukuran sedan
 2.       Senar di linting jadi dua sepanjang 1 meter
 3.       Kayu pemukul
Tidak menggunakan joran untuk mancing belut karna belut biasanya ada di lubang-lubang di pinggir sawah. Tapi jangan salah…….kadang-kadang bukan belut yang kita temui di dalam lubang tapi ular air. Makanya kita harus pintar mengenali atau membedakan antara lubang belut dan ular. Yang saya tau lubang belut biasanya volume airnya lebih penuh dan saat kita masukan umpan biasanya airnya bergerak pasang surut . ular pun sama….tapi yang membedakan adalah kalau ular pergerakan airnya tidak terlalu deras seperti lubang belut.
Umpan yang biasa saya pakai pun tidak aneh-aneh….saya hanya menggunakan anak katak atau pakai cacing. Yang paling menyenangkan adalah kalau kita temui belut yang sedang bertelur. Belut yang seperti ini pasti akan sangat cepet menyambar umpan yang kita masukan ke dalam lubang. Tapi memang agak sulit untuk menemui belut yang seperti ini karna biasanya lubangnya tersembunyi di antara rumput dan sampah. Belut seperti ini paling banyak kita temui di pinggiran kolam-kolam ikan di perkampungan.
Tarikan belut sangat kuat sekali  sehingga tidak jarang pancing saya putus atau patah mata kailnya. Makanya  pada saat mendapat sambaran dari belut jangan langsung menariknya ke atas…..karena pancing kita bisa putus atau patah. Tahanlah sebentarkalau perlu ikuti tarikanya sampai ke dalam tapi jangan sampai kita mengendurkan tarikanya karena belut bisa lepas. Lakukan perlawanan sampai belut lemas dan barulah kita bisa menariknya keluar dari lubang. Saat keluar dari lubang belut sangat liar bersiap-siaplah dengan pemukul agar belut bisa langsung kita jinakan.
Belut sangatlah bergizi dan hampir di seluruh dunia orang menyukainya. Bahkan di jepang belut merupakan salah satu makanan favorit. Selamat mencoba sensasi mancing belut.

Read more...

MANCING LAUT UNTUK PEMULA

>> Sabtu, 05 November 2011


MANCING LAUT UNTUK PEMULA
Sebagai pemancing pemula yang ingin sekali memperoleh ikan monster dilaut lepas, ada baiknya kita mengikuti saran dan belajar dari pemancing yang sudah ahli.
Seperti para nelayan tradisional yang memilih memancing pada bulan Agustus hingga Desember, dengan alasan pada bulan tersebut beberapa jenis ikan pelagis dijumpai dalam jumlah banyak dan yang terpenting karena ombak dan cuaca yang lebih bersahabat.
Untuk para pemula yang melaut dengan kapal, para nelayan menyarankan untuk memakai teknik gulung atau bisa disebut handline sebelum memakai teknik mancing seperti teknik trolling, teknik mancing dasaran atau bahkan teknik popping.
Persiapan memancing
Agar sukses dalam memancing, beberapa langkah ini dapat dijadikan ceklist:
  1. Persiapkan pancing gulung, agar tidak mudah kusut gunakan senar yang berdiameter besar (80-150 lbs)
  2. Gunakan baju yang berwarna gelap, baju yang yang berwarna putih atau terang akan disangka mangsa, bisa sobek dihajar gigi ikan pelagis yang tajam.
  3. Pakai sarung tangan atau bila anda risih gunakan pembalut jari untuk bermain volley ball.
  4. Gunakan kail dengan batang yang panjang (Mustad) nomor 8 atau 9, timah atau bandul dengan berat yang sesuai dengan kecepatan arus, kili-kili atau swivel ukuran kecil, kawat tunggal atau necline ukuran 24 atau 25.
  5. Umpan buatan berupa jig metal berphospor. Umpan hidup berupa cumi-cumi, ikan kumis kucing (koer), layur atau ikan layang.
  6. Mengingat gigi ikan pelagis yang tajam seperti silet, buat beberapa cadangan pancing dibuat 5 hingga 10 ronce. Ikan pelagis umumnya berenang berkelompok pada kedalaman tertentu dan mereka jarang yang memakan umpan pada kedalaman yang berbeda.
Teknik memancing
Pada prinsipnya mirip dengan teknik memancing dasaran, seperti:
  1. Gunakan 2 buah kail, sediakan umpan secukupnya, turunkan pancing perlahan dan hitung berapa depa yang anda turunkan. Pada waktu menurunkan pancing kembali, hitung kembali berapa depa saat anda mengalami strike. Jangan ditambah atau dikurangi kedalaman airnya, sehingga ada baiknya kalau anda beri tanda atau batasan berupa karet gelang pada senar atau kenur.
  2. Supaya umpan terlihat hidup, goyang-goyangkan atau naik turunkan umpan.
  3. Saat strike, hentakan kenur ditangan dengan sekuatnya dan tarik secepatnya. Namun perhatikan agar senar/kenur yangmenumpuk dibawah kaki tidak kusut.
  4. Bila sering terjadi strike, untuk praktisnya ikan yang anda dapatkan dapat dipotong cabai selebar 1 cm sebagai umpan.
  5. Jika ikan sudah berada dibibir perahu, angkat setinggi-tingginya dengan tangan yang memegang kenur. Bila strike, jangan langsung ditangkap badan ikan. Cekik lehernya kemudian masukkan jempol kedalam insang dan tekan kuat-kuat. Setelah tak berdaya buka kail dengan tang buaya. Jangan pernah mencoba membuka kail saat ikan bergigi tajam masih hidup!
(yoxx.blogspot.com)

Read more...

DASAR JIGGING


DASAR JIGGING
Untuk menjadi jigger sejati, ada macam-macam tahap yang harus dilewati. Tetapi semuanya itu kembalinya kepada anda juga. Bila cepat dalam belajar, maka tidak perlu terlalu ribet mengikuti banyak teori mengenai jigging. Nah, begini sedikit langkah-langkah awalnya :
1. Miliki Keyakinan dan Semangat. Banyak fakta yang bisa dilihat dari para jigger sejati, yakni konsistensi yang tidak luntur. Biasanya, seperti kita ketahui, banyak yang tidak berhasil dalam suatu teknik mancing tertentu adalah karena tidak telaten dengan caranya dan beratnya menggenjot. Karena tidak ada ikan yang menyambar, akhirnya keyakinannya pun sudah tersambar jadi malas…hehe..
2. Pilih Alat Pancing Yang Sip. Anda harus memilih dari joran pancingnya. Ambil joran pancing yang memiliki fungsi balance tackle, artinya ada keseimbangan antara berat metal jig – joran – reel pancing. Baca keterangan pada rod/joran yang anda beli. Untuk reel spinning, ukurlah kapasitas kenur / senar pancingnya.
3. Aplikasi Piranti Ringan dan Menengah.
  • Kedalaman 0-40 meter
  • Target : Ikan kakap, kerapu, trevally.
  • Berat metal jig 60-100 gram.
  • Ukuran Reel 4000-6000
  • Jigging rod kelas PE1-3
  • Leader/lider 40 lbs, panjang 2 meter.
  • Gunakan assist hook yang diameter metalnya tipis dan ujung mata kail sedikit menonjol.
  • Drag strike 3,5 kg sebagai posisi strike dan drag maksimal 5 kg.
4. Apliaksi Piranti Kelas Menengah & Berat :
  • Kedalaman 50 meter lebih.
  • Target Ikan : Tuna.
  • Berat Metal Jig 200 gram – 400 gram.
  • Ukuran Reel minimal 8000 dengan body dan rotor dari alumunium.
  • Line PE 6-8
  • Shock leader 100 lbs
  • Set drag 7 kg sebagai posisi strike dan 10 kg sebagai posisi drag pembunuh.
  • Untuk piranti kelas berat, reel, rod dan kenur pilih yang lebih heavy duty.
(kailpancing.com)

Read more...

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP